Alamat

Jl Diponegoro Gg. III Cepu - Jawa Tengah Indonesia

Senin, 03 Desember 2012

Tendangan Abu Nu’aim untuk Yahya bin Ma'in


Khotib al-Baghdadi meriwayatkan dari Abu Abbas bin Uqdah:
Suatu saat Ahmad bin Hanbal, Yahya bin Ma’in dan ‘Ali bin al-Madini pergi ke kota Kufah untuk menjumpai Abu Nu’aim  al-Fadl bin Dukain. Pada saat itu mereka duduk bersama-sama di suatu tempat yang tinggi. Dalam kesempatan itu mereka membacakan hadits-hadits kepada beliau. Yahya bin Ma’in rupanya saat itu ingin mengetes keilmuan Abu Nu’aim karena itulah ia melakukan tadlis (semacam penipuan) pada empat hadits yang ia bacakan. Setelah mereka semua membacakan hadits-hadits itu, secara mendadak Abu Nu’aim menendang Yahya bin Ma’in sampai ia terjatuh dari tempat duduknya.
Lalu Abu Nu’aim berkata: Adapun Ahmad karena sifat wira’inya tidak akan melakukan (tadlis) ini, sedangkan orang ini (maksudnya Ali bin Al-Madiniy karena ibadahnya tidak akan melakukannya. Jadi (tadlis) ini pasti merupakan perbuatanmu.”
Yahya bin Ma’in berkata (mungkin sambil mengenangnya): “Tendangan itu bagiku lebih aku sukai dari apa pun juga.”

(sumber: al-Jami’ li Akhlaqir Rowi wa adabis Sa-mi’ hadits no: 158 hal 136 juz 1, dengan beberapa tambahan)

Catatan:
Para ulama memperbolehkan mengetes seseorang untuk mengathui kadar keilmuannya,keadilannya atau kekuatan hapalannya bukan untuk menjatuhkan atau merendahkannya.
Yang penting anda berhati-hati dalam memilih ulama yang mau anda tes jangan-jangan nanti mengalami nasib yang mirip dengan Yahya bin Ma’in ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar